Mengulas Cara Mencegah Kerusakan Alam

Mencegah terjadinya kerusakan alam merupakan tanggung jawab kita semua. Mencintai alam dengan sepenuh hati pun menjadi tugas yang penting, dengan mencintai alam berarti kita akan peduli dengan lingkungan sekitar. Segala kebutuhan dan keperluan makhluk hidup di dunia ini bersumber dari alam, maka alam harus dijaga kelestariannya supaya semua kebutuhan makhluk hidup di bumi bisa terpenuhi.

Saat ini banyak sekali cara mencegah kerusakan alam yang diakibatkan oleh ulah tangan manusia. Sampai pemerintah pun suka mengatur dalam perundang-undangan perlindungan alam.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan mencegah adanya bencana di sekitar kita. Seperti dengan melakukan beberapa hal ini :

  1. Tidak membuang sampah secara sembarangan di sungai, atau dengan kata membuang sampah pada tempat sampah stainless steel. Dengan membuang sampah pada tempatnya tentu akan tercipta lingkungan yang bersih, rapih, dan nyaman. Tidak hanya itu saja, tapi membuang sampah pada tempatnya pun akan menolong lingkungan dari bahaya bencana banjir.
  2. Melakukan reboisasi atau menanam kembali hutan yang sudah gundul supaya bisa mencegah adanya tanah longsor.
  3. Tidak membuang limbah pabrik sembarangan seperti di laut. Karena sebaiknya sebuah pabrik sudah mengetahui bagaimana cara pembuangan sampa ke pemanfaatan limbak pabriknya. Dengan cara ini kita akan mencegah terjadinya kerusakan di laut dan mengurangi pencemaran di laut dan biota laut tentunya akan tetap terjaga.
  4. Melakukan terasering yang menjadi salah satu upaya untuk menanggulangi erosi tanah supaya tanah tidak terkikis akibat dari aliran air.
  5. Selalu berusaha menghargai dan mencintai alam sekitar.

Dengan kita bersama-sama mengatasi eksploitasi alam yang berlebihan ini, berharap manusia menjadi lebih sadar bahwa alam adalah rumah yang paling penting. Yaitu rumah yang sangat bermanfaat untuk kehidupan seluruh makhluk hidup di dunia.

Adanya kerusakan alam pun bisa menyebabkan banyak bencana seperti tanah longsor, banjir, yang tentunya hal ini pun akan sangat merugikan bagi manusia. Maka dari itu, mari kita sama-sama saling mengingatkan untuk menjaga alam supaya tidak rusak.