Minyak Angin – Solusi Pereda Nyeri

Minyak angin adalah obat topikal untuk menghilangkan rasa sakit, mengandung bahan aktif yang dapat diserap melalui kulit dan ke dalam sistem peredaran darah untuk memberikan efek pereda nyeri tanpa harus menelannya. Minyak angin sangat bagus untuk orang yang alergi atau sensitif terhadap jenis pil tertentu, serta mereka yang kesulitan menelan.

Minyak angin bekerja dengan memberikan obat tepat di tempat yang paling dibutuhkan atau tepat di bawah permukaan kulit Anda sehingga tidak perlu khawatir terjadinya efek samping yang serius. Berarti Anda tidak perlu khawatir tentang efek samping dari minum obat terlalu banyak sekaligus karena minyak angin digunakan secara topical atau langsung dioleskan pada kulit.

Apa itu minyak angin?

Minyak angin adalah bentuk obat topikal yang dapat dioleskan ke kulit untuk menghilangkan rasa sakit. Ini mengandung bahan aktif yang diserap melalui kulit ke dalam sistem peredaran darah untuk bantuan yang cepat dan efektif.

Jenis minyak angin yang umum digunakan termasuk Minyak Kayu Putih dan Minyak Kamper.

Minyak kayu putih mengandung senyawa kimia 1,8-cineole, yang bertindak sebagai larutan anti-septik dan anti-kuman. Minyak Kamper adalah campuran minyak kapur barus, mentol dan kayu putih yang memberikan relaksasi otot yang kuat dan menghilangkan rasa sakit.

Inilah sebabnya mengapa mengoleskan minyak angin pada kulit memberi Anda efek kuat yang bertahan lebih lama daripada menggunakan obat secara oral.

 

Mengapa lebih baik daripada pil?

Minyak angin adalah cara yang bagus untuk memberikan bahan aktif langsung ke daerah yang sakit, sehingga melewati masalah yang mungkin timbul dari meminumnya secara oral.

Selain sebagai obat luar, minyak angin juga dapat digunakan bersamaan dengan obat oral. Keduanya bekerja bersama secara sinergis dan dianggap sebagai salah satu perawatan pereda nyeri terbaik yang tersedia.

Minyak angin juga dapat meredakan area bermasalah yang tidak dapat diakses melalui asupan oral, seperti telinga atau saluran hidung.

 

Harga dan ketersediaan minyak angin

Minyak angin tersedia tanpa resep di sebagian besar apotek, toko kelontong, dan pengecer lain yang menyediakan persediaan perawatan kesehatan. Obat topikal ini bisa sangat terjangkau karena bahan aktifnya diserap melalui kulit daripada dikonsumsi secara oral. Harga obat tergantung pada jenis dan merk minyak angin tersebut.

Safe care adalah minyak angin yang cukup banyak dipakai, harganya cukup murah, safe care harga mulai dari 10 ribu sampai 30 ribu rupiah, tergantung berbagai hal seperti volume dan jenisnya.

 

Siapa yang harus menggunakannya?

Minyak angin cocok untuk berbagai kalangan. Namun, jika Anda memiliki masalah serius dengan sistem peredaran darah Anda, atau memiliki alergi terhadap bahan-bahan dalam minyak angin, bicarakan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Anak-anak juga tidak boleh menggunakan minyak angin tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahli perawatan kesehatan.

Berikut orang-orang yang dapat mempertimbangkan untuk menggunakan minyak angin:

  • Mereka yang alergi atau sensitif terhadap jenis pil tertentu.
  • Orang yang kesulitan menelan pil, baik karena tidak suka minum obat atau karena sulit menelan karena kondisi medis.
  • Orang yang membutuhkan pereda nyeri di area yang sulit minum pil, seperti telinga atau saluran hidung.