Pengertian Narkoba Beserta dengan Faktor dan Akibatnya

Pasti kita sering mendengar yang namanya narkoba. Namun apakah anda tahu narkoba itu apa, dan seperti apakah bentuk dari narkoba itu? disini saya akan menjelaskan mengenai apa itu narkoba dan seperti apakah bentuk dari narkoba ini yang akan dibahas secara singkat dan jelas.

 

Pengertian Narkoba

Narkoba merupakan bahan kimia psikotropika yang biasanya digunakan untuk membius pasien saat akan melakukan operasi atau digunakan sebagai obat pada penyakit tertentu. Namun sekarang persepsi dari narkoba ini telah disalahgunakan yang mana akibat dari pemakaian yang telah diluar dari batas dosis yang dianjurkan.

Pada tahun 2010 sendiri prevalensi dari penyalahgunaan narkotika ini telah mengalami peningkatan menjadi 2,21 persen atau berkisar antara 4,02 juta orang. Sedangkan pada tahun 2011, prevalensi dari penyalahgunaan narkoba ini menjadi semakin meningkat hingga 2,8 persen atau berkisar antara 5 juta orang.

Maka dari itu dituntut atas adanya peran serta dari berbagai pihak di Indonesia yang bisa untuk memerangi narkoba ini. Salah satunya konselor sebagai pendidik yang ada di lingkungan pendidikan juga bisa ikut dalam berperan untuk melakukan partisipasi dalam upaya memerangi narkoba ini tersebut.

Faktor Penyebab Penyalahgunaan Narkoba

  1. Faktor internal yang mana dalam faktor ini berasal dari dalam diri individu seperti pada kepribadian, terdapat kecemasan, serta depresi dan juga kurangnya ditanamnya nilai religiusitas. Kebanyakan dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang ini pada umumnya dimulai dari  usia remaja, karena pada remaja ini sendiri sedang mengalami perubahan pada biologik, serta psikologik maupun dalam sosial.
  2. Faktor eksternal ini sendiri faktor yang berasal dari luar individu maupun lingkungan seperti letaknya terdapat dari keberadaan zat itu, serta kondisi yang ada dalam keluarga, dan lemahnya hukum bahkan berasal dari pengaruh lingkungan.

Akibat Penyalahgunaan Narkoba

Penggunaan dari obat-obatan terlaran ini sendiri bisa menimbulkan efek negatif yang  mana hal ini bisa  menyebabkan gangguan pada mental serta perilaku, bahkan dapat juga mengakibatkan terganggunya sistem neuro-transmitter yang ada dalam susunan saraf pusat yang terdapat pada otak. Gangguan pada sistem neuro-transmitter ingin dapat mengakibatkan terganggunya fungsi kognitif (alam pikiran), afektif (alam perasaan, dan juta mood, maupun emosi), psikomotor (dalam bertingkah laku), serta berdampak pada aspek sosial.

 

Itulah sedikit penjelasan dari saya mengenai narkoba, semoga ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Sumber : https://www.studinews.co.id/