Pentingnya Pola Hidup Sehat di Masa Pandemi

Menjaga kesehatan fisik dan mental sangatlah penting selama masa pandemi agar tidak mudah terserang penyakit. Penyebaran virus covid-19 yang masih terjadi sampai sekarang membuat kita harus lebih peka dan perhatian terhadap kesehatan tubuh. 

Protokol kesehatan menjadi salah satu upaya pemerintah dan masyarakat agar penyebaran virus bisa ditekan. Selain itu, ada baiknya Anda menjaga pola hidup sehat karena dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terserang virus.

pola hidup sehat

Apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat? Pola hidup sehat diartikan sebagai kegiatan atau aktivitas yang didukung dengan minat pribadi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Banyak manfaat yang dirasakan tubuh saat Anda menerapkan pola hidup yang sehat. 

Pola hidup sehat akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar karena makanan yang dikonsumsi tidak mengandung bahan pengawet, melainkan lebih alami. Menerapkan pola hidup sehat memberikan harapan agar hidup lebih lama dan selalu sehat. 

Selain itu, pola hidup sehat juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh menjadi lebih kebal terhadap berbagai virus, kuman hingga bakteri. Imun tubuh memiliki 3 fungsi, yaitu sebagai pengawasan, homeostasis, dan fungsi pertahanan.

Pola hidup yang sehat juga bisa membuat tubuh lebih bersemangat dan memiliki mood yang bagus sehingga semua pekerjaan akan terselesaikan dengan baik. Kondisi tubuh yang prima tentu akan berdampak pada suasana hati yang lebih bagus jadi akan lebih bahagia. 

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat di masa pandemi, seperti di bawah ini:

1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi atau serat sebanyak 28-37 gram/hari untuk laki-laki dan 27-32 gram/hari untuk perempuan.

2. Memperbaiki Waktu Tidur sesuai dengan kebutuhan tubuh, sekitar 7-9 jam per hari.

3. Selalu berpikiran positif agar stres dan tekanan bisa dikelola dengan baik sehingga hidup lebih tenteram dan damai. 

Tidak mudah memang menerapkan pola hidup sehat, apalagi bagi Anda yang belum terbiasa. Namun, dengan sedikit usaha dan konsistensi maka Anda akan lebih mudah menjalani pola hidup sehat agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.