Perbedaan Aplikasi Zoom Vs Google Meet yang Perlu Diketahui

Kini aplikasi konferensi video masih dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia, entah itu untuk keperluan pekerjaan, pelajaran, bisnis dan lain sebagainya. Dikarenakan adanya wabah seperti ini, banyak masyarakat yang masih mengandalkan aplikasi konferensi video.

Maka dari itu jangan heran apabila saat ini banyak aplikasi konferensi video yang hadir dan menawarkan keunggulannya masing-masing.

Zoom merupakan aplikasi konferensi video yang mendadak terkenal ketika terjadinya wabah Covid-19 di seluruh dunia, sedangkan dari dulu sudah ada aplikasi seperti ini. 

Salah satunya seperti Google Meet yang terhubung langsung dengan akun Google di Laptop, Hp melalui Chrome atau Browser.

Kedua aplikasi ini sama-sama bisa digunakan lewat PC, laptop ataupun HP. Kira-kira apa yah perbedaan dari kedua aplikasi tersebut? Ingin mengetahui lebih lanjut? Silahkan simak artikel ini yang sudah kami kutip dari situs Kuoatabro.

Ukuran Rapat dan Kebutuhan

Google meet dinyatakan lebih cocok digunakan untuk keperluan meeting kecil, sedangkan Zoom biasa digunakan untuk meeting besar. Kenapa? Karena Google Meet sendiri hanya bisa menampung 250 peserta, sementara Zoom bisa mencapai 500 peserta.

Walaupun proses pembuatan ruang rapat ini sama-sama gampang, jika dilihat secara menyeluruh, kedua aplikasi ini memiliki perbedaan dari segi jumlah peserta yang bisa mengikuti.

Antar Wajah yang Gampang Ditemukan

Jika dilihat, tampilan antar muka pada Google Meet ini agak terlihat sedikit berantakan. Berbeda dengan Zoom, di aplikasi Zoom sendiri tatap muka antar wajah sangat jelas dan tertata rapih.

Namun saya yakin, pengguna baru pasti bakal merasa kebingungan untuk menemukan fitur tatap antar wajah di Google Meet, terutama pada HP yang ukuran layarnya kecil.

Hal itu tentu saja beda dengan Zoom, yang mana aplikasi ini terdapat fitur tatap wajah yang bisa ditemukan pada jenis gadget apapun itu, asalkan Android dan iOs.

Maka dari itu, jangan heran jika pengguna aplikasi Zoom lebih banyak apabila dibandingkan dengan pengguna Google Met.

Menurut pengalaman saya, menggunakan Zoom untuk keperluan meeting ini lebih enak sih, karena fitur tatap antar wajahnya gampang.

Kemampuan Merekam dan Durasi Waktu

Bila berbicara soal durasi dan kemampuan dalam merekam video, Google Meet sendiri telah menawarkan sesi konferensi video selama 60 menit. Sedangkan Zoom hanya diberi batas waktu sampai 45 menit.

Hal yang samapun berlaku pada kemampuan ketika merekam suatu video. Kini, Google Meet menawarkan fiturnya secara gratis sampai bulan September. Semua fitur-fitur yang ada di dalamnya bisa digunakan sepuasnya, gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali.

Sangat beda dengan Zoom, yang mana versi gratis dari aplikasi ini tetap menyediakan fitur rekam video yang bisa langsung disimpan pada perangkat PC ataupun Laptop dan HP.

Perbedaan Harga Berlangganan

Ketika kamu sudah nyaman dengan dengan aplikasi tersebut, mengingat wabah Covid-19 ini belum reda, mungkin kamu berpikir untuk mengambil layanan berlanggan.

Untuk Google Meet sendiri melayani paket berlangganan melalui G-Suite, yang mana biaya bulanan paling murah itu sekitar $10. Sementara untuk Zoom sendiri menawarkan harga berlangganan per bulannya sekitar Rp 229.800.

Yang lebih menyenangkan dari berlangganan ini adalah, bisa mengakses semua fitur yang ada di dalam aplikasi, dan kita juga bisa lebih leluasa ketika sedang menjalankan aplikasi tersebut.

Ya itulah perbedaan antara Google Meet VS Zoom yang perlu kalian ketahui. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya..