Perbuatan Musrik yakni Mempersekutukan Allah

Para pembaca pada halaman ini kami ingin berbagi ilmu tentang; Perbuatan Musrik. Teman-teman sekalian pasti sudah cukup mengenal tentang apa itu musyrik?. Meski demikian tidak ada salahnya jika kami juga ingin saling ber twashuu bal-haq.

Perbuatan Musrik yakni mempersekutukan Allah

Musyrik atau mempersekutukan Allah dengan sesuatu, atau dengan makhluknya adalah dosa yang nomor wahid. Perbuatan mempersekutukan Allah adalah dosa yang paling besar. Perbuatan tersebut tidak sesuai lagi dengan tujuan Allah menciptakan manusia yang salah satunya untuk menghamba, menyembah, dan mengabdi secara totalitas kepada-Nya. Musrik atau mempersekutukan Allah itu sangatlah mengingkari ke-esa-an dan kekuasaan Allah, dan hal itu bertentangan sekali dengan perjanjian dan persaksian seorang hamba dengan Sang Pencipta pada saat masih dalam kandungan ibunya. Sebagaimana yang kita baca dalam firman-Nya dalam Alqur’an Surat Al-A’raf  ayat 172.

Diantara Inti pada ayat 172 Q.S. Al-Araf

Pada ayat ini, Allah masih memberikan toleransi jika seorang hamba melakukan perbuatan dosa yang lain, artinya Allah akan mengampuni kalau seorang hamba itu bertaubat dengan sebenar-benarnya taubat. Sedangkan untuk dosa mempersekutukan Allah, maka Allah tidak akan memberikan toleransi. Dengan demikian Janganlah wahai saudaraku muslim sekalian sampai berbuat kemusrikan karena perbuatan tersebut jelas sekali tidak adak toleransi lagi dari Allah azza wa jalla.

Contoh perbuatan Musyrik

Sesungguhnya jika kita bicara kata musyrik itu lebih luas lagi tentunya ada pembagiannya. Jadi jika kita membagi musyrik maka itu sedikitnya terbagi pada dua bagian. Ada Musyrik besar dan ada musyrik kecil. Akan tetapi kita di sini tidak membicarakan mengenai pembagiannya. Yang jelas di sini kita akan memberikan salah satu di antara contoh musyrik saja. Arti Musyrik itu adalah menduakan Tuhan. Maksudnya ialah Percaya kepada Allah sebagai Tuhan, tapi juga percaya kepada hal-hal selain Allah dan menganggapnya tuhan juga. Contohnya setiap waktu kita lakukan sholat lima waktu karena iman kepada Allah. Namun di luar sholat juga dia mempercayai benda-benda mati dikeramatkan dan disembahnya.

Demikian materi singkat mengenai Perbuatan Musrik yakni mempersekutukan Allah Semoga manfaat.

Baca juga : https://www.fiqih.co.id/ pada website tersebut banyak pelajaran yang bermanfaat.