Rekomendasi Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang

Menghadirkan suasana terang pada ruangan yang gelap tidak hanya bisa dilakukan dengan mengandalkan penerangan cahaya lampu. Upaya itu bisa dilakukan dengan pemilihan warna cat dinding yang tepat. Karena, warna cat dinding dapat mempengaruhi pencahayaan pada sebuah ruangan.

Nah, dalam melakukan pemilihan warna cat tersebut tentu ada ketentuannya, alias tidak boleh sembarangan. Konsepnya, pilihlah warna cat yang bisa memantulkan cahaya dengan baik. Pada umumnya, karakter ini dimiliki oleh warna-warna terang. Lalu apa saja warna cat agar ruangan terlihat terang?

7 Rekomendasi Warna Cat Agar Ruangan Terlihat Terang

cat kamar terang

Memiliki ruangan yang gelap karena pencahayaan yang kurang memang kadang tidak bisa dihindarkan. Seperti misalnya jika Anda tinggal di pemukiman yang kondisi penduduknya sangat padat. Dinding antar rumah yang saling berdekatan membuat cahaya matahari tidak dapat menembus ruangan. 

Alhasil, ruangan pun tidak mendapatkan penyinaran yang cukup. Apabila bergantung pada lampu ruang, tentu akan menghabiskan banyak energi listrik. Berikut ini ada alternatif dari warna cat dinding supaya ruangan menjadi lebih terang.

1. Warna Cat Ungu Lavender

Warna ungu lavender bisa menjadi pilihan yang yang cocok untuk membuat ruangan tidak terlihat gelap. Warna ini dapat memancarkan cahaya dengan kesan yang lembut dan penuh kehangatan. Kelebihan lainnya, warna ungu lavender ini bisa dengan mudah dipadukan dengan warna lain. 

2. Warna Cat Soft Blue

Warna soft blue memiliki spektrum warna yang bisa mencerahkan ruangan yang gelap. Dengan demikian, warna ini sangat tepat jika diaplikasikan pada ruangan yang kurang pencahayaan. Tidak hanya itu saja, ruangan dengan warna cat soft blue akan membuat kesan lebih luas seperti bentang lautan lepas.

3. Warna Cat Abu-Abu Muda

Warna abu-abu muda mampu membuat suasana gelap menjadi lebih terang. Pada ruang dengan pencahayaan kurang optimal, warna ini akan sangat membantu memaksimalkan penerangan yang ada. Jika Anda ingin mengkombinasikan dengan warna lain juga tidak menjadi masalah. Namun, sebaiknya pilih warna yang terang juga.

4. Warna Cat Merah Muda

Warna cat merah muda akan menimbulkan kesan manis dan lembut. Sehingga, sangat cocok jika diterapkan pada ruangan yang memiliki cahaya terbatas. Dengan begitu, kesan suram pun tidak akan nampak dari ruangan tersebut.

5. Warna Cat Jingga

Warna jingga atau biasa disebut dengan oranye muda akan memancarkan cahaya dengan baik layaknya matahari yang bersinar terang. Tenang saja, warna ini tidak akan membuat ruangan terlihat norak ataupun mencolok pandangan mata. Akan tetapi, ruangan yang tadinya terkesan gelap dan suram akan didapati menjadi lebih cerah. 

6. Warna Cat Hijau Muda

Warna cat hijau muda juga bisa dijadikan pilihan untuk membuat ruangan terlihat selalu terang. Apalagi jika warna hijau muda ini dipadukan dengan warna putih. Sudah pasti penerangan bisa terpencar dengan maksimal. Tidak hanya itu saja, kesan luas juga akan didapat dengan skema perpaduan kedua warna tersebut. 

7. Warna Cat Lilac

Warna yang sedang ngetrend di dunia fashion ini juga tidak ada salahnya jika diaplikasikan pada cat rumah. Warna lilac membawa nuansa kelembutan dan keanggunan. Sehingga, memberikan suasana yang terang.

 

Sangat sederhana untuk sekedar mengubah ruangan yang gelap tanpa sebuah bukaan. Dengan mengaplikasikan warna cat agar ruangan terlihat terang, permasalahan tersebut sudah teratasi. Tidak perlu mengubah konstruksi bangunan yang ada. Bahkan, karena keterbatasan lahan yang tidak memungkinkan untuk mengubah kondisi bangunan.