Resep Ayam Goreng Tepung Dijamin Enak dan Crunchy Bingits

Resep ayam goreng tepung yang gurih dan renyah tentu dapat kita buat di rumah. Ayam goreng tepung merupakan makanan yang sangat cocok sebagai lauk, bahkan dapat kita makan langsung tanpa menggunakan nasi.

Ayam Goreng Tepung

Ayam goreng tepung merupakan kuliner dengan menggunakan daging ayam sebagai bahan dasarnya. Daging ayam ini akan dicampur bersama tepung lalu digoreng menggunakan minyak panas. Kuliner ini dapat ditemukan di pinggir jalan, maupun di restoran.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggoreng Ayam

Ayam goreng tepung adalah masakan yang menjadi favorit banyak orang. Namun, terkadang hidangan tersebut tepungnya tidak renyah dan ayamnya kurang matang. Berikut merupakan hal hal yang perlu diperhatikan ketika menggoreng ayam.

1. Jangan Memakai Ayam yang Bersuhu Dingin

Jika Anda menggunakan ayam yang telah dibekukan dalam freezer, seharusnya pisahkan dari freezer terlebih dahulu beberapa jam sebelum dimasak. Lalu tunggu hingga suhu daging ayam kembali normal.

Tidak sedikit orang yang langsung menggoreng daging ayam dalam kondisi dingin. Ini akan menyebabkan bumbu yang dibuat tidak terserap seluruhnya sebab kondisi daging yang beku dan keras. Saat daging ayam yang dingin digoreng, suhu pada minyak menjadi tidak teratur dan menyebabkan daging tersebut tidak matang seluruhnya.

2. Mengeringkan Daging Ayam Sebelum Digoreng

Sesudah ayam kita cuci, seringkali air tersebut meresap dan masuk ke bagian dalam daging ayam. Hal ini mengharuskan kita untuk mengeringkan daging ayam menggunakan tisu dan kemudian menekan ayam sampai seluruh air tersebut keluar lalu meresap ke dalam tisu. Sesuatu seperti ini dilakukan agar daging tersebut tidak basah, lebih cepat matang dan mengering saat digoreng.

3. Tidak Hanya Memakai Bagian Ayam Tertentu

Pada hakekatnya seluruh tubuh ayam dapat kita buat menjadi ayam goreng tepung. Bukan cuma paha atau sayap saja. Potong ayam kecil kecil yang ukurannya hampir sama. Hal ini bertujuan supaya ayam dapat dimasak secara merata dan agar daging ayam tersebut matang sepenuhnya.

4. Jangan Terlalu Lama Merendam Daging Ayam dengan Bumbu

Merendam ayam pada bumbu sebelum kita goreng memiliki kegunaan yang penting. Pertama, bumbu meresap lebih sempurna sampai ke bagian dalam daging ayam tersebut. Dan pada akhirnya, daging ayam tersebut akan lebih gurih dan sedap.

Kedua, dengan merendam daging ayam pada rendaman bumbu nantinya akan melembutkan tekstur ayam. Karena itu, kita tidak boleh merendam daging ayam terlalu cepat ataupun terlalu lama. Rendamlah sekitar 30 menit sampai 1 jam.

5. Menekan Daging Ketika Melapisi Tepung

Sesudah daging ayam kita rendam, daging tersebut sebaiknya kita celupkan ke dalam air es. Kemudian dicampur bersama adonan tepung. Namun, kita perlu memastikan adonan tepung telah diberi bumbu yang pas.

Tekan tekan tepung ketika proses pencampuran agar adonan tepung menempel seluruhnya. Melalui proses ini, kita akan membuat tepung tersebut krispi serta gurih pada ayam.

6. Disarankan Untuk Tidak Menggunakan Wajan Datar

Ayam goreng adalah hidangan yang dibuat dengan metode “deep fry". Yang mana luruh bagian ayam perlu benar benar tenggelam dalam minyak. Tidak sedikit orang yang menggorengnya dalam wajan datar yang cuma sebagian saja yang terkena minyak. Hal ini menyebabkan pelapisan tepung tidak kering serta ayamnya akan terlalu banyak menyerap minyak.

Pakailah wajan yang berbentuk cekung, ataupun panci dalam. Isi menggunakan minyak lalu gorenglah daging ayam sudah terlapisi tepung sampai semua bagian ayam tenggelam dalam minyak. 

Disarankan untuk tidak menggoreng terlalu banyak daging ayam secara bersamaan agar minyaknya dapat mengeringkan ayam dengan sempurna. Metode ini sering dilaksanakan oleh banyak restoran cepat saji. Ayam tidak harus kita balik, dengan menggunakan metode deep fry maka ayam akan kering dan matang dengan cepat.

7. Menggunakan Jenis Minyak yang Benar

Terdapat berbagai jenis minyak goreng. Supaya memperoleh hasil penggorengan yang renyah dan gurih, Anda tidak bisa menggunakan minyak goreng secara sembarangan. Anda harus memilih minyak yang memiliki titik asap tinggi.

Jenis minyak ini memiliki suhu panas yang stabil ketika digunakan saat menggoreng. Canola, minyak kelapa ataupun minyak beku yang dibuat khusus untuk menggoreng dapat digunakan. Namun Anda tidak disarankan untuk menggunakan minyak olive untuk menggoreng ayam goreng tepung.

8. Menggunakan Minyak yang Panas

Seringkali, hasil dari ayam goreng ini tidak cocok dengan harapan kita. Kematangan tidak merata serta gosong sebagian, atau daging ayam kering terlalu lama dan menyebabkan ketika ditiriskan terisi terlalu banyak minyak dan rasanya kurang gurih. Kita membutuhkan minyak panas yang memiliki temperatur stabil untuk memasak ayam goreng tepung ini.

Kita memerlukan temperatur minyak di antara 150 °C hingga 160 °C. Sesuatu seperti temperatur ini tidak dapat kita atur dengan hanya mengatur besar api saja. Anda dapat memakai termometer suhu minyak untuk meningkatkan ketepatan temperatur.

Tips Menggoreng Ayam Goreng Agar Lebih Empuk

Ayam goreng adalah kuliner yang menjadi kesukaan banyak orang pada seluruh penjuru dunia bahkan dari segala usia pun menyukainya. Manalagi saat memakannya ada suara kriuk yang menggugah selera. Tetapi, tidak mudah membikin ayam goreng yang gurih dan tidak alot, namun tetap dapat kita buat. Kadang kita telah membuat jenis jenis bumbu yang tepat, tapi hasilnya saat dimasak tidak cocok dengan harapan kita. Berikut merupakan tips menggoreng ayam goreng agar lebih empuk.

1. Menusuk Daging Sebelum Dibumbui

Saat akan dibumbui dan digoreng, ayam mentah harus ditusuk dengan tusuk gigi. Seringkali dada ayam memiliki serat yang alot. Jadi tusuk beberapa bagian ayam. Hal ini perlu dilaksanakan agar daging ayam lebih empuk dan menjadi tidak alot ketika digoreng.

Lalu, lubang pada daging ayam bisa membantu bumbu terserap ke daging ayam secara maksimal. Hal ini menyebabkan cita rasa ayam goreng tidak cuma terletak pada bagian luar dagingnya saja.

2. Goreng Ayam dengan Metode “Deep Fry”

Membuat ayam goreng memerlukan banyak minyak. Untuk ayam goreng, semua bagian perlu direndam dalam minyak. Ini dilaksanakan agar daging ayamnya matang dengan rata.

Minyak goreng yang kita gunakan pun tidak boleh bekas hasil penggorengan. Minyak goreng yang selama ini sering kita gunakan untuk menggoreng berulang kali pastinya kurang baik buat kesehatan kita.

Saat menggunakan minyak goreng bekas, seringkali ada sisa makanan yang tertinggal di wajan. Sisa makanan itu seringkali memiliki warna yang sudah hitam serta gosong. Bila sisa makanan tercampur pada ayam yang sedang kita goreng, hal ini bisa menjadikan ayam goreng memiliki warna yang gelap serta mempunyai rasa yang tidak sedap.

3. Memastikan Api Stabil dan Teratur

Ketika akan menggoreng ayam, kita harus memanaskan dulu minyak dengan api sedang. Saat minyak sudah panas, masukkan ayam tersebut. Anda tidak disarankan untuk memakai api besar ketika menggoreng daging ayam.

Panas yang tinggi dapat menjadikan daging ayam keras serta pada bagian dalamnya tidak matang dengan baik. Panas sedang bisa mejadikan ayam matang merata serta tidak akan gosong. Kita harus memastikan apinya stabil agar panas dalam minyak tetap pada suhu yang sama ketika sedang menggorengnya.

4. Goreng Memakai Margarin

Bila Anda akan membuat ayam goreng untuk dimakan sendiri saja, ataupun bila Anda akan membuat ayam goreng dengan jumlah yang tidak banyak, Anda bisa memberi margarin ke dalam minyak ketika Anda menggorengnya. Membuatnya menggunakan tambahan margarin bisa membuat ayam goreng semakin renyah dan mempunyai bau yang enak.

Resep Ayam Goreng Tepung

Ayam goreng tepung bisa dijadikan lauk untuk nasi putih maupun cemilan. Berikut merupakan resep ayam goreng tepung.

Bahan Utama:

  • Air es 
  • Minyak goreng
  • Ayam 

Bahan Adonan Cair:

  • Susu bubuk
  • Tepung maizena 
  • Tepung terigu 
  • Lada
  • Soda kue
  • Telur 
  • Air 
  • Garam 

Bahan Adonan Kering: 

  • Baking soda 
  • Tepung maizena 
  • Tepung terigu
  • Bawang putih bubuk
  • Garam halus
  • Kaldu bubuk instan rasa ayam

Cara Membuat Resep Ayam Goreng Tepung: 

  1. Mula mula, kita harus menyiapkan tempat sebagai wadah untuk membikin adonan cair. Kombinasikan susu bubuk, tepung maizena, tepung terigu, soda kue, garam, serta lada. Campur hingga rata. 
  2. Kita harus memasukkan kuning telur lalu menuangkan air sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan hingga rata. Kemudian sisihkan. 
  3. Untuk membuat adonan kering Anda perlu menyiapkan tempat untuk wadah lagi, kemudian memasukkan garam halus, tepung maizena, kaldu bubuk instan rasa ayam, baking soda, bawang putih bubuk, dan tepung terigu. Aduk sampai rata. Lalu sisihkan. 
  4. Kemudian mencampurkan garam serta lada dan membalurkannya pada daging ayam. 
  5. Kemudian masukkan daging ayam ke dalam adonan kering lalu mencampurnya sampai rata, lalu masukkan pada adonan cair. Sesudahnya, memasukkannya kembali ke dalam adonan kering sambal menekan-nekan ayam tersebut.
  6. Celupkan ke dalam air es. Kemudian lakukan kembali metode ayam dimasukkan ke adonan basah serta adonan kering.
  7. Kemudian gorenglah ayam ke minyak yang sudah panas. Lalu menggorengnya hingga kering dan memiliki warna tepung coklat kekuningan serta memiliki tekstur yang kering. 
  8. Lalu angkat serta tiriskan menggunakan mesin peniris minyak. Ayam goreng tepung pun dapat disajikan dengan hangat.

Demikian mengenai resep ayam goreng tepung. Selamat mencobanya dan semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih.