Sabut Kelapa untuk Media Tanam Cabe serta Keunggulannya

Pada artikel kali ini  saya akan membahas tentang sabut kelapa untuk tanaman cabe serta keunggulan sabut kelapa sebagai media tanam.

Sabut Kelapa untuk Tanaman Cabe

Bahan-bahan

  • Sabut kelapa
  • Air 
  • Pisau
  • Blender
  • Saringan
  • MOL air cucian beras dan urine kelinci
  • Tanaman cabe

Cara Membuat

1. Basahi Sabut Kelapa

Jika sudah memperoleh sabut kelapa, hal pertama yang harus dilakukan yakni menyiram sabut kelapa. Pakailah sabut kelapa secukupnya. Basahi sabut kelapa supaya tak terlalu keras ketika dipotong-potong. Jika sudah dibasahi maka sabut kelapa sudah siap untuk dipotong kecil-kecil.

2. Jemur Potongan Sabut Kelapa

Sesudah dipotong kecil-kecil, jemur sabut kelapa tersebut supaya lebih mudah untuk dihaluskan sekitar beberapa jam. Jika sudah dijemur dan telah kering, maka sabut kelapa dapat dihaluskan.

3. Haluskan

Cara menghaluskan sabut kelapa, bisa dengan cara manual yaitu dengan ditumbuk atau memakai blender hingga halus. Atau bisa menggunakan mesin cocopeat agar lebih praktis

4. Saring Sabut Kelapa

Saring atau ayak sabut kelapa yang telah diblender supaya lebih halus lagi. Jika sudah selesai masukkan ke dalam wadah. Sisa ayakan atau sabut yang masih terlihat kasar dapat dihaluskan kembali dengan blender atau dibuat menjadi MOL sabut kelapa. Sabut kelapa ini terkandung banyak kalium yang dapat membantu dalam proses pembuahan. Cocopeat ini dapat dipakai untuk penyemaian beberapa jenis tanaman seperti tanaman cabe.

5. Campurkan Sabut Kelapa Halus dengan MOL

Cocopeat atau sabut kelapa yang telah halus perlu direndam dengan air yang sudah dicampur MOL selama kurang lebih 1 hari. Mol yang dipakai yakni campuran 1 liter air yang ditambahkan sebanyak 50 ml urine kelinci serta 100 ml air cucian beras. Aduk supaya seluruhnya tercampur merata, lalu tutup dan simpan dalam tempat teduh selama 1 hari.

6. Saring Kembali

Jika sudah 24 jam, saring sabut kelapa atau cocopeat agar mengurangi air rendaman, tak harus terlalu ketat sebab sabut kelapa ini dipakai sebagai media semai.

7. Siap Digunakan Sebagai Media Tanam Cabe

Sabut kelapa atau cocopeat yang telah ditiriskan dapat Anda gunakan sebagai media tanam tanaman cabe. Sabut kelapa juga bisa diurai dengan mesin pengurai sabut kelapa

Keunggulan Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

1. Teksturnya Mirip Tanah

Bentuk dan tekstur sabut kelapa atau cocopeat hamper sama seperti tanah dan butirannya yang halus menjadikan tanaman bisa beradaptasi dengan baik layaknya ditanam dalam tanah.

Perbedaan antara cocopeat dengan media tanam tanah terdapat pada kandungan nutrisinya . Pada cocopeat tak terkandung unsur hara seperti tanah. Maka dari itu  untuk menanam tumbuhan dengan menggunakan cocopeat, tanaman tak hanya disiram dengan air namun juga larutan nutrisi.

2. Dapat Menyerap Air dengan Baik

Cocopeat adalah media tanam yang mempunyai kapasitas serap air yang lumayan tinggi dan bisa menyimpan air dalam jumlah yang lebih banyak ketimbang yang ditampung di dalam tanah.

Cocopeat bisa menyimpan serta mempertahankan air 10 kali lipat lebih baik dari tanah dan tentunya hal ini sangat baik untuk tanaman yang tumbuh dengan menggunakan sistem hidroponik. Sebab bisa menjaga air dengan baik, akar tanaman menjadi tak mudah kering dan bisa terhidrasi dengan baik.

3. Ramah Lingkungan

Karena dibuat dari bahan organik, cocopeat atau sabut kelapa sangat ramah lingkungan dan bisa terdegradasi di dalam tanah dengan baik apabila sudah tak dipakai. Tak hanya itu cocopeat juga bisa didaur ulang kembali sebagai media tanam baru tentunya melalui beberapa proses tertentu.

 

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda