Tips Membuat Lubang Udara Septic Tank Agar Tidak Meledak

Fungsi septic tank sebagai saluran pembuangan air limbah sangat penting keberadaannya dalam rumah. Namun melihat beberapa kasus seperti WC yang meledak ataupun kebakaran rumah dipicu gas dari septic tank karena tidak ada sirkulasi udara. Berikut adalah tips membuat lubang udara septic tank untuk menghindari ledakan dan penumpukan gas:

 

1. Gunakan septic tank yang Dilengkapi dengan Lubang Udara

Tips yang pertama adalah gunakan septic tank yang sudah dilengkapi dengan lubang udara. septic tank ini mempermudah konsumen saat akan menambahkan lubang udara pada instalasi septic tank. Ketika lubang udara akan dibuat, tidak perlu lagi melakukan pembuatan lubang hingga ke septic tank.

Salah satu septic tank yang telah dilengkapi oleh lubang udara adalah septic tank Biotech. Biotech yang memang bergerak khusus dalam bidang saluran pembuangan air limbah membuat produk dengan kualitas tinggi. Produk septic tank Biotech telah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen termasuk lubang udara. Untuk mengetahui lebih lanjut kunjungi https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/.

septic tank

2. Buat Lubang Pembuangan Udara Di Dinding Instalasi

Saat membangun instalasi septic tank, pastikan untuk membangun lubang udara. Lubang udara dibuat di dinding yang menempel pada permukaan luar septic tank dan pastikan menembus luar. Sesuaikan letak lubang pada dinding dengan lubang yang dimiliki oleh septic tank.

Pembuatan lubang saat pembuatan instalasi ditujukan untuk mempermudah pembuatan lubang udara. Karena septic tank dibangun di bawah tanah sehingga sulit jika nantinya harus membongkar untuk menambahkan lubang untuk pembuatan lubang udara.

3. Gunakan Pipa PVC Untuk Membuat Lubang Udara

Sebenarnya, untuk material lubang udara septic tank, tidak ada perbedaan signifikan yang mempengaruhi kualitas pembuangan udara. Namun alasan rekomendasi pipa PVC adalah karena harganya yang ekonomis serta dijual dimana saja. Konsumen tidak perlu mencarinya di toko khusus.

Selain itu, pipa PVC membantu mempermudah pemasangan lubang udara. Pipa PVC punya bermacam ukuran yang bisa dipilih sesuai dengan ukuran lubang. Jikapun konsumen membeli ukuran yang salah, bahan PVC bisa dipanaskan untuk disesuaikan bentuknya dengan lubang udara septic tank yang akan dibuat.

4. Arahkan Lubang Udara ke Tempat yang Tidak Merugikan

Karena septic tank adalah pembuangan air limbah rumah, maka tentu akan menimbulkan aroma tidak sedap. Maka dari itu, pembuatan lubang septic tank harus menghadap ke arah yang tidak merugikan. Tentunya tidak merugikan diri sendiri juga penduduk lain yang tinggal di lingkungan sekitar.

Lubang udara septic tank bisa dibuat dengan pipa PVC yang melengkung. Setelah itu hadapkan lubang ke daerah yang tidak banyak dilewati orang. Lubang juga dibuat dengan ukuran yang tidak terlalu besar, cukup untuk sirkulasi udara namun tidak sampai menyebarkan aroma tidak sedap.

5. Pastikan Lubang Udara Berfungsi dengan Baik

Setelah pemasangan selesai dilakukan, hal terakhir yang harus dipastikan adalah instalan septic tank telah berfungsi dengan baik. Sebelum dilakukan penutupan, pastikan udara septic tank telah bersirkulasi dengan baik. Patikan juga aroma dari septic tank tidak menguar kemana mana.

Selain itu periksa juga apakah ada bagian septic tank yang mengalami kebocoran. Jika ada, lakukan pembenahan sekaligus. Tujuannya tentu agar tidak perlu melakukan pembongkaran setelah dilakukan finalisasi pemasangan instalasi lubang septic tank.

Dengan memastikan lubang udara septic tank berfungsi dengan baik, maka septic tank akan berfungsi lebih baik pula. septic tank bisa melakukan tugasnya secara maksimal tanpa takut terjadi resiko ledakan. Selain itu, resiko terjadi kebakaran karena gas septic tank juga bisa terhindarkan.