Tips Menyemai Biji Kurma H1 Agar Cepat Berkecambah

Kurma adalah tanaman buah yang biasanya hidup di kawasan yang memiliki iklim kering. Salah satunya adalah Timur Tengah. Buah yang satu ini dikenal sangat sulit untuk hidup selain di daerah padang pasir. Tetapi akhir-akhir ini para petani di Thailand diketahui dapat menumbuhkan kurma di wilayah yang beriklim tropis. Salah satu jenisnya berasal dari bibit kurma h1.

Kurma h1 disebut juga dengan nama kurma tropis. Karena dapat tumbuh di wilayah tropis. Bibit Kurma h1 juga memiliki berbagai macam keunggulan diantaranya yaitu persentase bibit yang tumbuh sebagai betina jauh lebih banyak, bahkan mencapai 80%. Kemudian memiliki warna buah merah yang menarik, memiliki rasa manis, dan masih banyak lagi keunggulan lainnya.

Untuk mendapatkan bibit kurma h1 yang baik kita harus mengetahui cara melakukan penyemaian bijinya. Berikut adalah tips dalam menyemai biji kurma h1.

1.    Cuci bersih terlebih dahulu biji kurma h1, pastikan agar tidak ada sisa buah sampai kulit ari pada bijinya. Anda juga dapat menyikat bijinya menggunakan sikat gigi bekas dan bisa menambahkan sabut dengan dosis rendah untuk membersihkan biji tersebut. Alasan kenapa harus dibersihkan terlebih dahulu adalah agar saat melakukan penyimpanan. Biji tidak ditumbuhi jamur atau diserang oleh bakteri yang membuat biji kurma tidak bisa mengeluarkan kecambah.

2.    Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah merendam biji pada air bersih. Anda bisa menggunakan air sumur atau air apapun asalkan tidak memiliki kandungan kimia sama sekali. Rendamlah selama dua sampai tiga hari. Perlu dicatat agar anda tidak menggunakan air PDAM untuk merendam biji kurma. Yang dikhawatirkan adalah air tersebut mengandung kaporit yang bisa jadi menempel pada biji kemudian membuat kecambah menjadi lambat untuk keluar. Ganti air rendaman setiap 24 jam sekali selama 3 hari.

Baca Juga : Jual Bibit Kurma H1 – Kurma Tropis Rasa Manis, Warna Merah yang Cepat Berbuah

3.    Siapkan peralatan yang nantinya akan anda gunakan untuk menyemai biji kurma h1. Sediakan tempat untuk menyemai biji. Anda bisa menggunakan kaleng bekas biskuit yang berbentuk bulat. Atau bisa juga menggunakan jenis wadah dari plastik lainnya. Poin pentingnya adalah wadah yang akan anda gunakan tadi bisa tertutup rapat. Sehingga tidak aka nada udara yang masuk maupun keluar. Kemudian siapkan tisu, air, dan biji kurma h1.

4.    Alasi wadah yang akan anda gunakan untuk menyemai biji kurma h1 dengan tisu basah. Jika tisu yang anda gunakan kering. Anda bisa membasahinya dengan cara menyemprot dengan air. Usahakan agar anda tidak menyemprot terlalu banyak, karena kita tidak mau sampai biji kurma yang akan kita semai tergenang air. Jika tidak ada tisu anda bisa juga menggunakan kapas ataupun kain flannel. Lakukan dengan cara yang sama.

5.    Kemudian anda bisa meletakkan biji kurma h1 di atas tisu basah tadi. Jangan menaruh terlalu rapat karena akan menyusahkan saat pengambilan kecambahnya. Anda bisa menaruhnya dengan posisi acak, tidak perlu rapih. Jika anda ingin biji berkecambah lebih cepat. Posisikan bagian belahan biji kurma agar menghadap ke atas.

6.    Kemudian tutup tempat penyemaian tersebut sampai rapat, dan simpan ditempat yang gelap. Tunggu hingga 2 minggu. Biasanya kecambah dari bijinya sudah keluar setelah 2 minggu. Anda dapat mengecek perkembangan biji setiap satu minggu sekali.

Demikian cara menyemai biji kurma h1 yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah. Setelah kecambah muncul anda dapat memindahkannya ke dalam polybag atau pot yang sesuai ukurannya. Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencoba menyemai kurma h1? Selamat mencoba.