Tips Merawat Jas agar Tahan Lama dan Awet

Jas memang biasanya sering dikenakan ketika saat acara bertema formal saja, sehingga tidak akan terlalu sering digunakan. Namun, karena harganya yang lumayan tinggi, maka jas pun perlu dirawat dengan penuh perhatian agar dapat digunakan dengan baik saat acara tertentu. Inilah beberapa tips merawat jas yang dapat Anda ketahui.

1. Sikat Jas Setelah Pemakaian

Agar jas dapat senantiasa tampak bersih dan mengkilat, maka Anda harus segera menyikatnya setelah dipakai. Hal ini penting dilakukan karena biasanya kotoran-kotoran ringan banyak yang menempel pada jas seperti ketombe, bulu, rambut, dan lain-lain.

 

2. Hindari Penggunaan Setrika

Setelah digunakan selama beberapa kali, jas pasti akan tampak sangat kusut. Akan tetapi, Anda perlu mengetahui bahwa menyetrika jas justru akan membuat kualitasnya menjadi semakin buruk. Hal ini karena suhu panas yang dihasilkan setrika akan membuat serat-serat jas menjadi berumur pendek sehingga membuatnya cepat rusak.

Dibandingkan menyetrikanya, ada alternatif lain yang bisa Anda pilih yaitu dengan menggunakan steamer. Alat ini memiliki fungsi untuk membantu kusut pada jasa menjadi hilang, selain itu jas pun juga akan memiliki aroma yang wangi.

 

3. Kenali Bahan Jas

Tips merawat jas yang tidak boleh dilupakan tentu saja adalah dengan mengenali bahan yang digunakan untuk membuat jas. Anda harus mengetahui apakah jas tersebut berjenis drill, wol, katun, ataupun jenis lainnya. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda pun bisa mengetahui cara yang tepat untuk mencucinya, apakah dengan metode dry cleaning atau wet cleaning.

Anda pun dapat mengandalkan jasa seperti Konveksi.co untuk membantu Anda dalam mengenali bahan pembuatan jas. Jasa konveksi ini akan membantu Anda untuk memiliki jas yang berbahan bagus, sehingga kualitas jas yang dihasilkan pun termasuk tinggi. Selain itu, jas yang mereka hasilkan juga memiliki bentuk yang cukup mudah untuk dirawat. Anda dapat membeli ataupun membuat berbagai jenis jas termasuk jas almamater di Konveksi.co.

 

4. Pilih Hanger dengan Kualitas Bagus

Setelah memakai jas, hindari melipatnya karena akan membuat kualitasnya turun. Sebaliknya, Anda dapat menggantung jas menggunakan hanger berkualitas bagus untuk menjaga kualitas dan keutuhannya.

 

Beberapa tips merawat jas dapat Anda aplikasikan saat ingin membuat jas Anda lebih awet. Dengan demikian, Anda tak perlu membeli jas yang baru lagi.